Tampang

Warga di Flores Timur Panik Diterjang Banjir Lahar Dingin Gunung Lewotobi Laki-Laki

5 Agu 2024 09:33 wib. 77
0 0
Banjir lahir dingin Gunung Lewotobi Laki-Laki
Sumber foto: website

Warga Desa Dulipali di Kecamatan Ile Bura dan warga Desa Klatanlo, Kecamatan Wulanggitang, dikejutkan dengan terjangan banjir yang melumpuri kawasan pemukiman mereka pada Sabtu (27/7/2024), sekitar pukul 16.00 WITA. Kejadian ini membuat kepanikan dan kegaduhan di antara warga, terutama ketika hujan yang turun tidak begitu lebat.

Banjir yang deras berasal dari Gunung Lewotobi Laki-Laki membuat warga di Dusun Tuakwiki dan Dusun Duri, Desa Dulipali, langsung melakukan persiapan evakuasi untuk menghadapi kemungkinan terburuk akibat banjir lahar dingin yang semakin meluas. Setelah sekitar sejam, aliran banjir perlahan mereda, namun material yang terseret oleh banjir meninggalkan jejak yang perlu dibersihkan.

Pemerintah Kabupaten Flores Timur juga turut memantau keadaan di wilayah pemukiman Dulipali, menyusuri ruas-ruas yang terdampak oleh banjir tersebut. Hal serupa juga terjadi di Dusun B Desa Klatanlo dan sekitarnya, di mana genangan banjir mulai mengering, namun meninggalkan lumpur tebal di sejumlah jalan dan halaman penduduk.

Saat ini, warga masih tetap waspada di lokasi terdampak banjir lahar dingin karena hujan di puncak gunung masih berlangsung, meningkatkan potensi terjadinya banjir susulan. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran bagi warga sekitar dan memerlukan kewaspadaan lebih lanjut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Emha Ainun Nadjib: Saya Anti Demokrasi
0 Suka, 0 Komentar, 6 Mei 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?