Tampang

Pengertian dan Fungsi dari VPS

19 Jul 2019 11:54 wib. 1.647
0 0
Pengertian dan Fungsi dari VPS

Bagi para blogger tentu sudah tidak asing dengan yang namanya VPS, yaitu sebuah server yang biasanya digunakan oleh para blogger agar websitenya dapat diakses. VPS ini cocok untuk website dengan traffic yang tinggi sedangkan bagi website dengan traffic yang masih sedikit tidak disarankan untuk menggunakannya. Untuk website yang masih sedikit trafficnya disarankan untuk menggunakan web hosting. Web hosting dan VPS berbeda, VPS cenderung lebih bagus bila dibandingkan dengan web hosting, spesifikasinya pun lebih bagus VPS. Pengertian dari VPS atau Virtual Private Server itu sendiri yaitu sebuah teknologi server side tentang sistem operasi serta software yang memungkinkan sebuah mesin yang kapasitasnya besar dibagi ke dalam beberapa mesin virtual. Dan dari tiap virtual mesin ini nantinya akan melayani sistem operasi dan software secara sendirinya dengan konfigurasi yang cepat. VPS ini pada umumnya digunakan untuk Cloud Computing, menjalankan software robot forex, software bot dan sebagainya.

Arti lain dari VPS itu juga adalah sebagai metode untuk membagi sumber daya atau resource server menjadi beberapa virtual server. Dan kemudian server virtual tersebut akan memiliki kemampuan untuk menjalankan sistem operasi layakan sebuah server. Dan bahkan penggunanya dapat merestart sebuah virtual server secara terpisah tanpa harus mereboot server utamanya. Di smaping itu juga untuk dapat mengendalikan VPS ini dapat juga dengan cara menggunakan Remote Desktop Protocol (RDP) atau yang biasa disebut dengan pengendali jarak jauh. Pengguna dapat mengguankan aplikasi seperti Putty untuk yang menggunakan sistem operasi Windows dan menggunakan terminal untuk yang menggunakan sistem operasi Linux. Adapun spesifikasi dari sebuah VPS beragam, mulai dari segi RAM, processor, hardisk serta pilihan sistem operasinya. VPS tersebut akan langsung terhubung dengan internet selama 24 jam nonstop dengan kecepatan tinggi agar para user dapat dengan mudah mengaksesnya. 

VPS ini dapat diakses melalui komputer atau laptop dengan menggunakan software remote desktop connection (RDC), dan software ini biasanya sudah etrsedia langsung di perangkat Windows. Bahkan VPS tersebut dilengkapi dengan pengaturan sendiri untuki unit script, pemrosesan, users, file system dan sebagainya. VPS ini bekerja layaknya sebuah server yang terpisah dan memiliki users, processes, filter dan juga menyediakan full control access. Untuk setiap VPS mempunyai IP address, tables, port number, filtering serta aturan routing sendiri. Oleh karena itulah pengguna tidak perlu lagi merawat server virtual ini karena perusahaan penyediaan VPS akan merawat server tersebut secara berkala dan mengupgradenya.

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%