Tampang

Tetangga RI Bangun Kereta Cepat di Kalimantan, Menuju IKN Nusantara

3 Apr 2024 13:09 wib. 70
0 0
Tetangga RI Bangun Kereta Cepat di Kalimantan, Menuju IKN Nusantara
Sumber foto: Cnbcindonesia.com

Proyek jaringan kereta berkecepatan tinggi pertama di Kalimantan kini sedang diusulkan. Proyek ini bertujuan untuk memperpendek jarak perjalanan antara Kalimantan, Indonesia, Sarawak dan Sabah Malaysia, serta Brunei Darussalam.

Perusahaan Brunergy Utama Sdn Bhd yang berbasis di Brunei mengumumkan rencana pelaksanaan proyek Kereta Api (KA) Trans Borneo dalam dua tahap yang melibatkan rute sepanjang 1.620 kilometer. Rencananya, jarak rata-rata antar stasiun masing-masing akan adalah 150 km dan kecepatan kereta antara 300 hingga 350 kilometer per jam, dengan perkiraan waktu tempuh rata-rata antar stasiun hanya 30 menit.

Menurut keterangan dalam situs webnya yang dikutip oleh MalayMail pada Senin (1/4/2024), tahap pertama akan menghubungkan kota-kota dari pesisir Barat hingga Pantai Timur, yaitu dari Pontianak, Kalimantan Barat, hingga Kota Kinabalu, Sabah, yang merupakan kawasan fokus ekonomi. Rutenya akan mencakup kota-kota seperti Kota Kinabalu, Kimanis/Papar, Beaufort, Sipitang, Lawas, Bangar, Limbang, Bukit Panggal, Miri, Bintulu, Sibu, Sri Aman, Kuching, Sambas, Singkawang, Mempawah, dan Pontianak.

Sementara itu, rencananya tahap kedua akan melibatkan Kalimantan Utara dan Timur yang menghubungkan jalur utama dengan Samarinda dan ke ibu kota baru Indonesia, Nusantara. Rutenya meliputi Long Seridan, Ba Kelalan, Long Bawan, Malinau, Tanjung Selor, Tanjung Redeb, Pengadan, Lubuk Tutung, Bontang, Samarinda, dan Balikpapan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?