Tampang

Masyarakat Adat di Sorong Selatan Menerima Pengakuan Resmi atas Wilayah Adat

7 Jun 2024 20:13 wib. 61
0 0
Masyarakat Adat di Sorong Selatan Menerima Pengakuan Resmi atas Wilayah Adat
Sumber foto: google

Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya, telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Bupati yang menegaskan pengakuan terhadap masyarakat hukum adat dan wilayah adat kepada empat sub-suku di wilayah Distrik Konda, Sorong Selatan, hari ini.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Dance Nauw, secara langsung memberikan SK tersebut kepada perwakilan masyarakat adat di Distrik Konda. Keempat sub-suku tersebut meliputi Gemna, Nakna, Yaben, dan Afsya, masing-masing dengan wilayah adat yang telah diakui.

Pemberian pengakuan ini menjadi bentuk penghormatan terhadap usaha dan kearifan lokal yang telah dijaga dan dilestarikan secara turun temurun. Dance juga menyatakan bahwa pengakuan ini merupakan wujud komitmen untuk melindungi lingkungan dan memastikan martabat serta kesejahteraan masyarakat adat.

Diharapkan dengan pengakuan ini, semangat gotong royong dan kebersamaan dalam mengelola wilayah adat demi kesejahteraan bersama akan semakin terjalin dengan lebih kuat. Pengesahan wilayah hutan adat di Distrik Konda mencapai 40.282,556 hektar yang diserahkan kepada dua suku besar, Tehit dan Yaben, melalui pendampingan Konservasi Indonesia (KI). Di acara tersebut, SK juga diberikan untuk masyarakat hukum adat Knasaimos, dengan wilayah adat seluas 97.441 hektar di Distrik Saifi dan Seremuk, yang sebelumnya didampingi oleh LSM Greenpeace Indonesia dan Bentara Papua.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%