Tampang

Kopi Luwak: Proses Pembuatan dan Sejarahnya

1 Jul 2024 21:16 wib. 223
0 0
Luwak
Sumber foto: regional.kompas.com

Sejarah Kopi Luwak
Sejarah kopi luwak dapat ditelusuri kembali ke masa penjajahan Belanda di Indonesia pada abad ke-18. Pada saat itu, para petani kopi dilarang untuk mengumpulkan biji kopi yang telah dipilih oleh para penjajah Belanda. Namun, para petani yang membutuhkan kebutuhan akan kopi melihat bahwa musang luwak secara alami memakan buah kopi dan membuang biji kopi yang masih utuh. Para petani kemudian mulai mengumpulkan biji kopi yang telah dikeluarkan oleh musang luwak kemudian membersihkannya dan mengolahnya. Mereka menemukan bahwa kopi yang dihasilkan memiliki rasa yang unik dan istimewa.

Kopi luwak kemudian mulai didistribusikan ke pasar-pasar di Eropa dan menjadi minuman yang sangat populer di kalangan masyarakat kelas atas. Namun, produksi kopi luwak secara tradisional sangat terbatas karena keterbatasan jumlah musang luwak. Hari ini, produksi kopi luwak telah berkembang pesat, tetapi minuman ini masih dianggap sebagai salah satu kopi paling eksklusif dan mahal di dunia.

Kopi luwak terus menjadi minuman yang diminati oleh pecinta kopi di seluruh dunia karena proses pembuatannya yang unik dan rasa yang khas. Meskipun kontroversi seputar kesejahteraan hewan dan keberlanjutan produksi telah menjadi perhatian utama, kopi luwak tetap menjadi bagian penting dari sejarah kopi dan budaya minum kopi di seluruh dunia.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ayam Geprek
0 Suka, 0 Komentar, 23 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.