Tampang

Perjuangan Dalai Lama: Kisah Inspiratif dan Keteguhan Hati

10 Jul 2024 11:43 wib. 127
0 0
Dalai Lama
Sumber foto: Google

Dalai Lama, yang secara harfiah berarti "Guru Besar", adalah gelar spiritual tertinggi dalam tradisi Buddhisme Tibet. Selain menjadi pemimpin rohani bagi jutaan umat Buddhisme Tibet, Dalai Lama juga dikenal karena perjuangannya yang gigih untuk mempertahankan budaya dan identitas Tibet di tengah tantangan politik dan sosial yang berat.

Asal Usul dan Awal Kehidupan

Dalai Lama lahir sebagai Lhamo Dhondup pada tahun 1935 di desa Taktser, Provinsi Amdo, Tibet. Pada usia dua tahun, dia diakui sebagai inkarnasi ke-14 dari Dalai Lama, pemimpin spiritual tertinggi dalam agama Tibet Lama. Dalam tradisi yang kaya dengan ritual dan filosofi, Dalai Lama dilatih dari usia muda untuk mengambil peran yang sangat berat ini.

Pendidikan dan Pembelajaran

Sebagai seorang yang dianggap sebagai inkarnasi spiritual, Dalai Lama menerima pendidikan formal dalam teologi Buddhis dan fakta-fakta sejarah. Meskipun kecil dalam usia, dia dipilih untuk belajar di Potala Palace di Lhasa, Tibet, pusat pemerintahan dan spiritual negara tersebut. Di sana, dia mendalami ajaran-ajaran Buddhis dari para guru yang terkemuka, serta belajar bahasa dan sastra Tibet yang klasik.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Microsoft Exel
0 Suka, 0 Komentar, 26 Mar 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?