Tampang

Mahfud: Hukum Indonesia Rusak Karena Dikendalikan Oleh Selera Elite

12 Mei 2024 15:16 wib. 298
0 0
Mahfud: Hukum Indonesia Rusak Karena Dikendalikan Oleh Selera Elite

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, memberikan pandangannya mengenai situasi politik dan hukum di Indonesia saat ini. Menurutnya, kondisi politik di Tanah Air tercemar oleh praktik-praktik yang tidak sehat, terutama terkait dengan penyalahgunaan kekuasaan dalam pembagian jabatan yang sering terjadi.

Mahfud merasa khawatir dengan pola berpolitik di Indonesia yang seringkali dipenuhi dengan intrik dan pembagian jabatan yang bertujuan untuk memperkuat kedudukan politik penguasa. "Sekarang ini kita berpolitik agak kurang bagus loh. Kalau ada kegiatan politik, lalu bagi-bagi jabatan, jumlah jabatan tidak penting ditambah dan macam-macamlah," ujar Mahfud saat ditemui di Teuku Umar, Jakarta.

Namun, tidak hanya urusan politik yang menjadi perhatian Mahfud, cara berhukum di Indonesia juga disorotnya. Menurutnya, kondisi berhukum di Tanah Air juga sedang dalam posisi yang tidak baik. Hal ini tercermin dari proses perumusan Undang-Undang (UU), dimana pembuatannya cenderung dipengaruhi oleh kepentingan kelompok elit yang tidak memperhatikan kepentingan masyarakat secara keseluruhan.

"Cara kita berhukum saat ini sedang agak rusak. Ketika membuat UU lalu diselerakan dengan selera-selera elite yang punya kepentingan jangka pendek dan kepentingan kelompok kecil. Itu dalam berhukum, sehingga dituangkan dalam UU," papar Mahfud.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

13 Fakta Menarik Mengenai Ciuman
0 Suka, 0 Komentar, 23 Mar 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%