Tampang

India Diharapkan Gandeng Indonesia Jadi Mitra bidang Industri Pertahanan

21 Jul 2024 22:33 wib. 117
0 0
(kiri ke kanan) Sandeep Chakravorty Duta Besar India untuk Indonesia, Curie Maharani Direktur Eksekutif Indo-Pasific Strategic Intelligent , dan Manish Chand Pendiri Center for Global India Insight da
Sumber foto: website

India diharapkan tidak hanya melihat Indonesia sebagai pasar alutsista, tetapi juga sebagai mitra dalam pengembangan industri pertahanan. Keduanya memiliki status sebagai negara non-Alignment atau tidak terseret ke dalam aliansi manapun. Karena itu, kolaborasi mereka diharapkan mampu menciptakan kerjasama strategis dalam bidang ekonomi dan pertahanan melalui pengembangan kapasitas industri pertahanan.

Menurut Direktur Eksekutif Indo-Pasific Strategic Intelligent, Curie Maharani, India seharusnya tidak sekadar menjadikan Indonesia sebagai pasar alutsista, tetapi hendaknya juga membagikan transfer teknologi sehingga Indonesia mampu mandiri dalam produksi alutsista. India telah berhasil dalam memproduksi kapal selam, pesawat tempur, dan teknologi ruang angkasa sendiri. Kerja sama India dengan Rusia dalam pengembangan rudal juga menarik perhatian Indonesia serta beberapa negara di kawasan.

Curie juga menyampaikan bahwa Indonesia telah memiliki kerjasama strategis dengan India, yang ditandai dengan seringnya kunjungan antar kedua negara dan latihan militer bersama. Namun, kerjasama dalam bidang pertahanan industri dan teknologi (Defence Industrial and Technology Cooperation/DITC) masih perlu ditingkatkan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Syariat Islam dan Implementasinya di Aceh
0 Suka, 0 Komentar, 16 Jul 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?