Tampang

IMD Report: Indonesia Melampaui Malaysia dalam "World Competitiveness Ranking 2024". Singapura Tetap Memimpin Secara Global

30 Jun 2024 20:41 wib. 40
0 0
IMD Report: Indonesia Melampaui Malaysia dalam "World Competitiveness Ranking 2024
Sumber foto: iStock

Menurut laporan IMD World Competitiveness Ranking (WCR) 2024, Indonesia telah naik ke peringkat 27, yang merupakan peningkatan signifikan dari peringkat 34 pada tahun 2023. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara ketiga di Asia Tenggara setelah Singapura dan Thailand, dengan Singapura tetap memimpin secara global.

Arturo Bris, Direktur IMD World Competitive Center (WCC) yang telah menerbitkan WCR sejak 1989, menjelaskan, "Dalam beberapa dekade terakhir, negara-negara seperti Tiongkok, India, Brasil, Indonesia, dan Turki telah mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Hal ini telah membuat mereka memainkan peran penting dalam perdagangan, investasi, inovasi, dan geopolitik."

Dalam peringkat tahun ini, Indonesia telah melampaui Malaysia, yang turun ke peringkat 34 dari peringkat 27 pada tahun 2023 akibat depresiasi mata uang dan ketidakpastian politik. Kenaikan peringkat Indonesia menegaskan peningkatan kinerja ekonomi dan stabilitas negara.

Bris menyoroti kinerja ekonomi Asia Tenggara yang tangguh tahun ini, kecuali penurunan Malaysia. Lonjakan daya saing Indonesia dikaitkan dengan peningkatan indikator ekonomi, daya tarik investasi, dan pertumbuhan PDB. Peringkat Indonesia mendekati peringkat Inggris (28), mengungguli Jepang (38) dan India (39). Penurunan daya saing Jepang terkait dengan lambatnya adopsi transformasi digital, yang memengaruhi ekspor teknologi. Sementara India, meskipun menunjukkan peningkatan, masih kalah dibandingkan Indonesia karena berbagai faktor ekonomi dan efisiensi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%