Tampang

Profil Perjuangan Aung San Suu Kyi: Ikon Perlawanan Demokrasi Myanmar

10 Jul 2024 19:15 wib. 146
0 0
Aung San Suu Kyi
Sumber foto: Google

Aung San Suu Kyi, seorang tokoh yang tidak hanya menjadi simbol perlawanan demokrasi di Myanmar tetapi juga diakui secara internasional sebagai salah satu pemimpin politik yang paling berpengaruh dalam sejarah kontemporer. Berikut adalah profil perjuangannya yang menginspirasi:

Latar Belakang dan Awal Perjuangan

Aung San Suu Kyi lahir pada 19 Juni 1945 di Yangon, Myanmar. Dia adalah putri dari Aung San, pemimpin kemerdekaan Myanmar, yang terbunuh sebelum Myanmar memperoleh kemerdekaannya dari Britania Raya pada tahun 1948. Pendidikan Aung San Suu Kyi dianggap elit, dengan latar belakang yang mencakup studi di Universitas Oxford, di mana dia memperoleh gelar dalam bidang filsafat, politik, dan ekonomi.

Kepemimpinan dalam Perlawanan Demokrasi

Aung San Suu Kyi secara aktif terlibat dalam gerakan pro-demokrasi di Myanmar sejak akhir 1980-an. Dia memainkan peran kunci dalam mendirikan Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pada tahun 1988, sebuah partai politik yang bertujuan untuk mengakhiri kediktatoran militer yang telah menguasai Myanmar sejak 1962. Suara demokratisnya dan visi akan negara yang lebih terbuka segera mengumpulkan dukungan luas di antara rakyat Myanmar.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Samsung Galaxy S23 FE
0 Suka, 0 Komentar, 11 Jul 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?