Tampang

Gunung Api Lewotobi Laki-Laki Meletus Lagi Pagi Ini

4 Agu 2024 08:19 wib. 98
0 0
Ilustrasi Gunung Meletus
Sumber foto: website

Gunung Api Lewotobi Laki-Laki yang terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali mengalami erupsi pada hari Minggu (4/8/2024) pukul 04.32 WIB. Berdasarkan pengamatan dari pos pantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi kolom letusan mencapai 800 meter di atas puncak.

Petugas PVBMG, Herman Yosef S Mboro mengatakan, "Terjadi erupsi G. Lewotobi Laki-laki pada hari Minggu, 04 Agustus 2024, pukul 04:32 WITA. Tinggi kolom letusan teramati ± 800 m di atas puncak (± 2384 m di atas permukaan laut)," seperti yang dikutip dari laman resmi magma.esdm.go.id.

Tak hanya itu, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat laut. Erupsi tersebut juga terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 29.6 mm dan durasi 141 detik.

PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan G. Lewotobi Perempuan. "Serta 4 km arah sektoral Utara -Timur laut dan 5 km pada sektor Timur Laut dari pusat erupsi G. Lewotobi Laki-laki," tambah Herman Yosef.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?