Tampang

Gempa Bumi Magnitudo 5,1 Guncang Pacitan Jawa Timur, Terasa Hingga Yogyakarta

23 Apr 2024 22:04 wib. 822
0 0
Gempa Bumi Magnitudo 5,1 Guncang Pacitan Jawa Timur
Sumber foto: google

Gempa bumi magnitudo 5,1 mengguncang Pacitan, Jawa Timur, pada hari Minggu, 22 April 2024. Guncangan gempa ini juga terasa hingga ke Yogyakarta, mengakibatkan kekhawatiran dan ketakutan di masyarakat setempat. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 10 km dan terletak sekitar 105 km barat daya Pacitan.

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang sering terjadi di wilayah Indonesia, terutama di wilayah yang berada di Ring of Fire. Pacitan dan Yogyakarta merupakan dua wilayah yang rawan terkena gempa bumi. Guncangan gempa ini memicu kepanikan di kalangan masyarakat, terutama karena beberapa bangunan dilaporkan mengalami kerusakan akibat guncangan tersebut.

Pasca Gempa bumi besar seperti ini, penting bagi masyarakat untuk tetap tenang namun juga waspada terhadap potensi bahaya lanjutan seperti gempa susulan atau longsor. Langkah-langkah evakuasi dan persiapan darurat perlu disiapkan secara lebih matang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, Pemerintah dan instansi terkait juga perlu segera melakukan assessment terhadap kerusakan yang disebabkan oleh gempa ini, agar penanganan darurat dan rehabilitasi bisa segera dilakukan. Selain masalah bangunan fisik, perhatian juga perlu diberikan terhadap kesehatan mental masyarakat yang mungkin mengalami trauma akibat peristiwa gempa ini. Bantuan psikologis dan konseling mungkin diperlukan untuk membantu orang-orang yang terdampak.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?