Tampang

Daftar 3 Grup Kopassus, Nomor 2 Penumpas Pemberontakan Pernah Dipimpin KSAD Maruli

4 Agu 2024 20:36 wib. 123
0 0
Berikut daftar grup Kopassus dengan kemampuan yang mematikan. Nomor dua penumpas pemberontakan komunis di Jawa Tengah dan Jawa Timur
Sumber foto: website

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) merupakan pasukan elite kebanggaan TNI AD. Satuan tersebut memiliki tiga grup dengan kemampuan yang mematikan. Ketiganya ditempatkan di lokasi strategis yang berbeda. Tujuan pemisahan markas untuk memudahkan pergerakan pasukan ketika dibutuhkan. Grup 1 bermarkas di Serang, Banten, Grup 2 bermarkas di Kartasura, Jawa Tengah dan markas Grup 3 berada di Mako Cijantung, Jakarta Timur. 

Berikut daftar tiga grup Kopassus dengan spesialisasi masing-masing.

1. Grup 1 Kopassus/Para Komando

Grup 1 Kopassus berperan sebagai Para Komando (Parako). Para prajurit yang tergabung dalam grup itu bisa diterjunkan di mana saja, seperti operasi lintas udara hingga penyerbuan amfibi dari laut.

Grup itu semula bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur (Jaktim). Hanya saja dipindahkan ke Serang, Banten, dengan pertimbangan kawasan Cijantung akan ramah dan dikhawatirkan menyulitkan latihan Kopassus. Lokasi tersebut sejatinya bukan tempat yang asing bagi prajurit Kopassus. Serang sebelumnya menjadi tempat latihan penerjunan prajurit.

Dalam buku Kopassus untuk Indonesia karya Iwan Santosa dan EA Natanegara (2009),  disebutkan markas Grup 1 Kopassus sangat strategis sebagai penjaga pintu barat Pulau Jawa. Lokasi markas ini tepatnya berada di sekitar kawasan industri petrokimia dan industri baja yang dibangun Rusia pada 1960-an atau Krakatau Steel.

Dekat dengan Pelabuhan Merak, markas Grup 1 Kopassus memiliki pangkalan udara (Lanud) Gorda dengan dua landasan seluas 700 hektare. Lanud ini dibangun oleh romusha (pekerja paksa) pada masa pendudukan Jepang pada 1943. 

Grup 1 Kopassus didirikan pada 23 Maret 1963. Pembentukan Grup 1 Kopassus yang saat itu bernama RPKAD dipimpin oleh Kolonel Inf Moeng Parhadimulyo dalam upacara di Lapangan IKADA sekarang Monas dengan komandan yang pertama yakni Mayor LB Moerdani.

Selain LB Moerdani, nama-nama yang pernah menjadi Dangrup 1 Kopassus antara lain Wismoyo Aris Munandar hingga Pramono Edhie Wibowo. Kekuatan Grup 1 terdiri dari 3.274 personel dalam empat batalyon tempur yaitu:

Batalyon 11/Atulo Sena Baladhika
Batalyon 12/Asabha Sena Baladhika
Batalyon 13/Thikkaviro Sena Baladhika
Batalyon 14/Bhadrika Sena Baladika.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Syariat Islam dan Implementasinya di Aceh
0 Suka, 0 Komentar, 16 Jul 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?