Tampang

Citra Satelit Ungkap Fakta Ngeri di Wilayah RI

5 Jul 2024 20:03 wib. 90
0 0
Citra Satelit Ungkap Fakta Ngeri di Wilayah RI
Sumber foto: iStock

TreeMap, sebuah perusahaan rintisan di bidang konservasi, telah merilis sebuah gambar citra satelit di wilayah Indonesia pada Jumat (5/7/2024). Melalui gambar citra satelit ini, mereka menyoroti kondisi hutan di wilayah Indonesia, khususnya terkait dengan aktivitas pertambangan yang telah mengakibatkan dampak deforestasi yang serius.

Dari hasil analisis citra satelit tersebut, ditemukan fakta yang mengkhawatirkan bahwa sebanyak 721.000 hektare hutan di Indonesia telah ditebangi untuk kegiatan pertambangan antara tahun 2001 hingga 2023. Dari luas hutan yang telah ditebangi tersebut, sekitar 150.000 hektar merupakan hutan primer, yang merupakan hutan terpadat dan memiliki peran ekologis penting di Bumi. 

Penebangan hutan tersebut dilakukan untuk membuka lahan-lahan tambang seperti lubang tambang, fasilitas pengolahan, area tailing, dan juga jalur hauling. Menurut David Gaveau, pendiri The TreeMap, pertambangan terbuka dapat mudah dikenali melalui pola garis konsentris yang terbentuk di sekitar lubang tambang batu bara, atau lokasinya yang cenderung berdekatan dengan tepi sungai untuk pertambangan emas. Selain itu, semua jenis tambang juga memiliki tanda spektral yang khas, sebuah pengukuran energi yang dapat dengan mudah dideteksi, dan merupakan karakteristik dari wilayah lahan tambang tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?