Tampang

Macam-Macam Jalur Masuk PTN 2024: Pilihan Terbaik Bagi Calon MahasiswaMacam-Macam Jalur Masuk PTN 2024: Pilihan Terbaik Bagi Calon Mahasiswa

17 Mar 2024 12:45 wib. 102
0 0
Perguruan Tinggi

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia memberikan berbagai jalur masuk bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Dengan adanya berbagai alternatif ini, calon mahasiswa memiliki kesempatan lebih luas untuk dapat diterima di PTN sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Berikut adalah beberapa macam jalur masuk PTN yang dapat dipertimbangkan oleh calon mahasiswa.

1. Jalur SNBP
Jalur SNBP adalah salah satu jalur masuk yang paling diminati oleh calon mahasiswa. Melalui jalur ini, calon mahasiswa dapat mengikuti ujian seleksi yang diselenggarakan secara nasional. Hasil ujian ini kemudian digunakan untuk menentukan calon mahasiswa yang diterima di PTN yang menjadi pilihan mereka.

2. Ujian Tulis Masuk PTN (UTULPTN)
Selain jalur SNMPTN, calon mahasiswa juga dapat memilih jalur UTULPTN sebagai cara untuk masuk ke PTN. Jalur ini mengharuskan calon mahasiswa untuk mengikuti ujian tulis yang meliputi mata pelajaran yang relevan dengan program studi yang dipilih.

3. Seleksi Mandiri SNBT
Jalur SNBT memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk mengikuti tes seleksi yang diselenggarakan secara mandiri oleh masing-masing PTN. Calon mahasiswa dapat memilih beberapa PTN tujuan dan mengikuti ujian seleksi yang diselenggarakan oleh PTN tersebut.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?