Tampang

Video Klip Viral di Argentina: Antara Kegembiraan Fans Louis Tomlinson dan Kesalahpahaman Serangan Iran

2 Mei 2024 10:59 wib. 41
0 0
Berita Hoax

Sebuah video singkat yang viral di media sosial menggambarkan kerumunan orang yang berlarian di malam hari, diposting dengan keterangan bahwa itu adalah adegan warga Israel yang panik karena serangan misil Iran. Namun, klip tersebut sebenarnya diambil di luar Hotel Four Seasons di Buenos Aires, Argentina, di mana penyanyi Louis Tomlinson bertemu dengan para penggemarnya pada awal April 2024.

Video berdurasi delapan detik itu telah ditonton lebih dari 3.400 kali setelah dibagikan di berbagai platform media sosial dengan klaim yang serupa. Postingan tersebut juga tersebar dalam beberapa bahasa termasuk bahasa Inggris, Spanyol, Arab, dan Malaysia. Bahkan, media yang berafiliasi dengan pemerintah Rusia juga ikut membagikan video tersebut dengan narasi serupa, memperkuat kesan bahwa itu adalah insiden serangan Iran terhadap Israel.

Klaim misinformasi ini muncul menyusul serangan langsung pertama Iran ke Israel pada pertengahan April 2024, sebagai balasan atas serangan Israel terhadap gedung konsuler kedutaan Iran di Damaskus, Suriah. Serangkaian konflik dan ketegangan di Timur Tengah telah mengakibatkan panic di masyarakat.

Namun, klip video tersebut tidak berkaitan sama sekali dengan serangan Iran ke Israel. Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa video tersebut diambil di depan Hotel Four Seasons di Buenos Aires, di mana Louis Tomlinson, mantan personel One Direction, berinteraksi dengan para penggemarnya. Hasil geolokasi memperkuat kebenaran bahwa lokasi pengambilan video tersebut adalah di Buenos Aires.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

OTT KPK Ciduk 5 Pejabat di Banjarmasin
0 Suka, 0 Komentar, 17 Sep 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?