Tampang

Mengenal KRIS, Pengganti Kelas 1,2,3 BPJS Kesehatan per 30 Juni 2025

17 Mei 2024 15:30 wib. 333
0 0
Mengenal KRIS, Pengganti Kelas 1,2,3 BPJS Kesehatan per 30 Juni 2025
Sumber foto: google

Pada tanggal 30 Juni 2025, Presiden Jokowi mengumumkan penghapusan kelas iuran BPJS Kesehatan I, II, dan III. Sebagai gantinya, pemerintah akan menerapkan Kelas Rawat Inap Standar Jaminan Kesehatan Nasional (KRIS JKN) di seluruh rumah sakit, sebagaimana tertera dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. KRIS sendiri merupakan standar minimum pelayanan rawat inap yang harus diterima peserta program Jaminan Kesehatan Nasional.

Salah satu perubahan yang akan terjadi dengan penerapan KRIS adalah terkait perbaikan tempat tidur. Pasien kelas I BPJS Kesehatan yang selama ini menempati kamar dengan kapasitas 1-2 orang per unit, kelas II berkapasitas 3-5 orang per kamar, dan kelas III berkapasitas 4-6 orang per kamar akan mengalami perubahan dengan pengurangan tempat tidur maksimal menjadi 4 dalam satu kamar. Ini merupakan salah satu dari 12 kriteria yang harus dipenuhi rumah sakit untuk melaksanakan penghapusan sistem kelas I-III, sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden.

Pemerintah telah mulai menguji coba penerapan KRIS di beberapa rumah sakit, dan hasilnya menunjukkan peningkatan indeks kepuasan masyarakat. Menurut Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono, uji coba ini juga tidak mengurangi pendapatan rumah sakit, sehingga implementasi KRIS diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pelayanan kesehatan.

Terdapat 12 kriteria fasilitas kelas rawat inap yang harus dipenuhi dengan sistem KRIS, di antaranya adalah mengenai komponen bangunan, ventilasi udara, pencahayaan ruangan, kelengkapan tempat tidur, suhu ruangan, dan lain sebagainya. Semua ini bertujuan untuk meningkatkan standar pelayanan rawat inap di rumah sakit serta memberikan fasilitas yang lebih baik bagi para pasien.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Awas Tilang Mendengarkan Musik..!!!!
0 Suka, 0 Komentar, 2 Mar 2018
Yuk Mengenal Sejarah Manusia Modern!
0 Suka, 0 Komentar, 22 Agu 2017

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?