Tampang

Pemerintah Palestina Terancam Kolaps Tahun Ini

18 Jun 2024 09:35 wib. 39
0 0
Pemerintah Palestina Terancam Kolaps Tahun Ini
Sumber foto: google

Otoritas Palestina menghadapi potensi runtuh atau kolaps dalam beberapa bulan mendatang akibat blokade ekonomi dan kekerasan yang terus berlanjut dalam penjajahan Israel. Menteri Luar Negeri Norwegia, Espen Barth Eide, mengungkapkan bahwa hal ini dipicu oleh kurangnya dana, kekerasan yang terus berlanjut, dan fakta bahwa setengah juta warga Palestina tidak diizinkan bekerja di Israel.

Eide menjelaskan, "Otoritas Palestina, yang bekerja sama dengan kami, telah memperingatkan bahwa mereka mungkin akan kolaps pada musim panas (Juni-September, red) ini," kepada Reuters. Norwegia sendiri memimpin kelompok donor internasional untuk Palestina dan merupakan pendukung Otoritas Palestina yang memerintah di Tepi Barat (West Bank). Sementara itu, Jalur Gaza dikuasai oleh Hamas, yang belakangan masih berperang langsung dengan Israel.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Gaza pada Senin (17/6), korban tewas akibat serangan Israel di wilayah itu sudah mencapai 37.347 jiwa warga Palestina sejak 7 Oktober 2023. Selain itu, 85.372 orang lainnya mengalami luka-luka akibat konflik tersebut.

Dampak lain dari situasi konflik ini adalah pengamanan dana Palestina yang terganggu. Sejak serangan Hamas pada 7 Oktober yang memicu perang di Gaza, Israel memberlakukan pembatasan ekonomi terhadap Otoritas Palestina, menahan pendapatan pajak yang dikumpulkan atas nama Otoritas Palestina. Hal ini menyebabkan Otoritas Palestina berada di bawah pengawasan ketat terkait potensi pendanaan terorisme yang menghambat transaksi bantuan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%