Tampang

Gelombang Gravitasi, Teori Einstein 100 Tahun Lalu Terdeteksi Kembali

2 Jun 2017 17:10 wib. 1.553
0 0
Gelombang Gravitasi, Teori Einstein 100 Tahun Lalu Terdeteksi Kembali

Dalam jurnal, tim ilmuwan memastikan bahwa bergabungnya dua lubang hitam raksasa ini menghasilkan skala energi yang sangat luar biasa. Tim mengungkap, dua lubang hitam tersebut memiliki massa masing-masing 31 kali dan 19 kali lebih besar dari matahari. Ketika keduanya bergabung lantas menghasilkan satu objek yang 49 kali lebih kecil dari matahari.

Artinya, ada cukup besar energi murni yang memancar. "Ini adalah peristiwa astronomi paling kuat yang pernah disaksikan manusia," kata Michael Landry, peneliti di LIGO yang juga anggota studi.

Dalam fenomena kali ini, tulis tim dalam jurnal, energi seukuran dua kali massa matahari dideformasi dalam bentuk ruang. Energi ini dilepaskan dalam waktu yang sangat singkat dan tidak satupun cahaya yang keluar dari proses ini. Karena itu, peneliti menyimpulkan ada peran gelombang gravitasi yang sangat besar dalam proses ini.

Seperti dua pengamatan sebelumnya, September dan Desember 2015, para ilmuwan tidak bisa mendeteksi secara detail lokasi deformasi lubang hitam kali ini. Dari tiga milidetik jarak antara sinyal pertama dan kedua, tim hanya bisa menentukan kemungkinan besaran dan sumbernya.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Keutamaan Puasa Sunnah Syawal
0 Suka, 0 Komentar, 1 Mei 2024
Kita Semua 'Berhubungan'...
0 Suka, 0 Komentar, 8 Mar 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?