Tampang

Teror di Rusia, 2 Sinagoge Yahudi Dibakar

26 Jun 2024 07:47 wib. 28
0 0
Teror di Rusia 2 Sinagoge Yahudi Dibakar
Sumber foto: google

Kelompok bersenjata menyerang dan membakar sinagoge di Dagestan, Rusia, pada Minggu (23/6), selain menyerang gereja dan kantor polisi. Serangan di dua kota tersebut menewaskan belasan polisi dan warga. Ketua dewan publik masyarakat Yahudi di federasi Rusia, Boruch Gorin, mengonfirmasi bahwa sinagoge di Derbent dan Makhachkala terbakar, dengan sinagoge Makhachkala hangus terbakar sepenuhnya.

Rabi Rami Davidov menyatakan bahwa serangan di Makhachkala menewaskan satu orang dan melukai tiga lainnya. Serangan di Sinagoge Derbent terjadi 40 menit sebelum doa malam Yahudi.

Belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab, namun aparat Rusia menduga serangan tersebut dilakukan oleh kelompok teroris yang didanai asing. Dagestan sebelumnya diketahui memiliki warganya yang bergabung dengan ISIS di Suriah pada 2015 dan dekat dengan wilayah konflik Chechnya.

Tindakan teror ini menandai peningkatan yang mengkhawatirkan dalam kasus-kasus intoleransi agama di Rusia. Negara yang luas dan multi-etnis ini telah mengalami insiden-insiden teror sebelumnya, namun penyerangan terhadap tempat ibadah umat Yahudi menunjukkan tingkat ketegangan yang meningkat dalam masyarakat Rusia. Para pakar memperingatkan bahwa serangan terhadap minoritas agama dapat menciptakan ketidakstabilan sosial yang lebih besar di negara ini.

Pemerintah Rusia telah merespons serangan ini dengan keras, mengecam tindakan teror ini sebagai tindakan keji yang melanggar hak asasi manusia dan kebebasan beragama. Presiden Vladimir Putin menegaskan komitmennya untuk melindungi hak-hak minoritas agama di Rusia dan menyatakan bahwa pelaku serangan ini akan ditangkap dan diadili sesuai hukum yang berlaku.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

https://www.google.co.id/search?q=membandingkan+diri+dengan+orang+lain&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiOhtax9pfYAhXIvo8KHenAC14Q_AUICigB&biw=1262&bih=781&dpr=0.75#img
0 Suka, 0 Komentar, 20 Des 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%