Tampang

Dulu Bagian RI, 6 Negara Ini Sekarang Jauh Lebih Maju?

14 Sep 2024 12:11 wib. 54
0 0
Dulu Bagian RI, 6 Negara Ini Sekarang Jauh Lebih Maju?
Sumber foto: iStock

Wilayah Indonesia terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya yang meliputi banyak kepulauan dari Sabang hingga Merauke. Indonesia di antara negara-negara serumpun memiliki wilayah yang paling luas dan beragam kekayaan budaya. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa Indonesia dulunya lebih luas, dan beberapa negara tetangga sebenarnya pernah menjadi bagian dari kerajaan-kerajaan berbasis di Tanah Air.

Kini, negara-negara tersebut sudah berdiri sendiri. Bahkan, beberapa di antaranya jauh lebih maju daripada Indonesia. Berikut ini adalah enam negara tetangga yang dulunya merupakan bagian dari Indonesia, serta perkembangan mereka saat ini:

1. Singapura

Singapura, yang di masa lampau kerap disebut Temasek, Tumasik, atau Kota Laut (Sea Town), merupakan salah satu negara yang dulunya termasuk dalam wilayah Indonesia. Posisi Singapura dianggap strategis sebagai pusat perdagangan, seperti yang dijelaskan dalam artikel berjudul Tumasik: Sejarah Awal Islam di Singapura (1200-1511 M) di Jurnal Lektur Keagamaan. Beberapa kerajaan yang sempat menguasainya antara lain Sriwijaya, Majapahit, Ayutthaya-Thailand, dan Kesultanan Malaka hingga pendudukan Portugis pada 1511 M.

Saat ini, Singapura telah menjadi salah satu negara paling maju di Asia dengan ekonomi yang kuat dan infrastruktur yang canggih. Sebagai pusat keuangan dan bisnis global, Singapura menjadi contoh keberhasilan dalam pembangunan negara di kawasan Asia Tenggara.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?