Tampang

Dulu Bagian RI, 6 Negara Ini Sekarang Jauh Lebih Maju?

14 Sep 2024 12:11 wib. 55
0 0
Dulu Bagian RI, 6 Negara Ini Sekarang Jauh Lebih Maju?
Sumber foto: iStock

2. Malaysia

Sejarah Malaysia juga memiliki hubungan yang kuat dengan Indonesia. Sriwijaya yang merupakan kerajaan maritim terbesar dalam sejarah Indonesia, pernah menguasai wilayah Malaysia pada masa kekuasaan Raja Balaputradewa. Sriwijaya menjadi pusat perdagangan dan penyebaran agama yang sangat berpengaruh di dunia, sehingga wilayah kekuasaannya meliputi Nusantara, Semenanjung Malaya, hingga Filipina.

3. Filipina

Filipina juga pernah menjadi bagian dari Indonesia pada masa Kerajaan Majapahit. Penaklukan Filipina terjadi pada masa Raja Hayam Wuruk, yang merupakan salah satu puncak kejayaan Majapahit. Saat itu, wilayah kekuasaan Majapahit meliputi Nusantara, Semenanjung Malaya, hingga Filipina.

4. Kamboja

Sriwijaya juga berperan dalam masa penaklukan Kamboja. Catatan kekuasaan Sriwijaya di Kamboja diperoleh dari seorang pendeta bernama I Tzing yang singgah di kerajaan tersebut. Sriwijaya menjual hasil alam dan sumber ekonomi lainnya, seperti kapur barus, kayu gaharu, cengkih, kayu cendana, pala, dan kapulaga kepada Kamboja, yang merupakan bukti perdagangan dan hubungan diplomatik yang kuat antara kedua kerajaan pada masa itu.

5. Timor Leste (Timor Timur)

Timor Timur, yang sekarang menjadi negara Timor Leste, memiliki sejarah yang panjang dengan Indonesia. Timor Timur awalnya dijajah oleh Portugal pada abad ke-16 dan dikenal sebagai Timor Portugis. Pada 28 November 1975, sembilan hari setelahnya, Indonesia melakukan invasi dan kemudian menyatakan Timor Timur sebagai provinsi ke-27 pada tahun berikutnya. Namun, pada referendum tahun 1999, rakyat Timor Timur memilih untuk memisahkan diri dari Indonesia dan akhirnya menjadi negara merdeka dengan nama Timor Leste.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Lowongan Kerja Tour Sales
0 Suka, 0 Komentar, 14 Apr 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?