Tampang

Stunting di Pinggir Pantai: Tantangan Kesehatan dan Pendidikan di IKN Nusantara

1 Jun 2024 20:19 wib. 62
0 0
Stunting di Pinggir Pantai: Tantangan Kesehatan dan Pendidikan di IKN Nusantara
Sumber foto: google

Otorita mengungkapkan bahwa banyak anak yang mengalami stunting tinggal di pinggir pantai wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN, Alimuddin, awalnya mengira bahwa anak-anak yang tinggal di pesisir pantai akan terbebas dari masalah stunting karena memiliki akses makan ikan segar setiap hari. Namun, fakta di lapangan membantah anggapan tersebut.

Dalam sebuah seminar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (7/5), Alimuddin menyatakan, "Ternyata tidak, ternyata di pesisir itu malah banyak yang mengalami stunting. Mungkin ikannya dijual lalu kita makan Indomie (mi instan), karena Indomie makanan favorit."

Selanjutnya, Alimuddin juga menekankan bahwa penanggulangan stunting dan kemiskinan bukan hanya masalah ekonomi semata. Menurutnya, faktor pola hidup dan kebiasaan, termasuk di kalangan masyarakat di sekitar IKN, juga turut berperan dalam masalah tersebut.

Demi mengatasi permasalahan stunting, Otorita telah melakukan kerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terkait penanganan stunting. Mereka memiliki target untuk menurunkan angka stunting di IKN dan sekitarnya, yang saat ini mencapai 21,4 persen, hingga mencapai angka 14 persen.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

partai komunis indonesia
0 Suka, 0 Komentar, 18 Sep 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%