Tampang

Bolivia Dalam Gejolak: Militer Ambil Alih Kekuasaan dari Presiden Terpilih

27 Jun 2024 14:25 wib. 47
0 0
Bolivia Dalam Gejolak Militer Ambil Alih Kekuasaan dari Presiden Terpilih
Sumber foto: google

Kudeta ini langsung mendapat reaksi keras dari masyarakat internasional. Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengutuk tindakan militer dan menyerukan pemulihan segera pemerintahan yang sah. Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres, menyatakan keprihatinannya terhadap situasi yang berkembang dan menegaskan pentingnya menghormati prinsip-prinsip demokrasi.

"Kudeta militer tidak pernah menjadi solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan politik dan ekonomi. Kami mendesak pihak-pihak yang terlibat untuk menahan diri dari kekerasan dan memulai dialog yang konstruktif untuk memulihkan demokrasi di Bolivia," kata Guterres.

Di dalam negeri, pendukung Arce turun ke jalan-jalan di berbagai kota besar untuk memprotes kudeta tersebut. Demonstrasi yang berlangsung di La Paz, Cochabamba, dan Santa Cruz diwarnai dengan bentrokan antara pengunjuk rasa dan pasukan keamanan. Laporan menyebutkan bahwa beberapa orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam kekerasan yang terjadi.

Sementara itu, ekonomi Bolivia yang sudah rapuh menghadapi ketidakpastian yang semakin besar akibat krisis politik ini. Investor asing menarik diri, dan nilai mata uang Bolivia merosot tajam. Para analis memperingatkan bahwa ketidakstabilan politik dapat memperburuk kondisi ekonomi dan memperpanjang masa pemulihan negara tersebut.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%