Tampang

Terapi Gen Bagi Penderita Hemofilia

11 Jun 2018 23:41 wib. 1.399
0 0
Terapi Gen Bagi Penderita Hemofilia

Dalam satu dekade ke depan terapi gen sangat mungkin diterapkan pada manusia untuk mengatasi gangguan pendarahan. Para ilmuwan AS baru-baru ini berhasil mengobati anjing penderita hemofilia melalui terapi gen. Keberhasilan itu membawa angin segar di bidang medis, khususnya bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup pasien hemofilia A.

Hemofilia A merupakan gangguan pendarahan yang diderita satu dari 10.000 orang. Penderita hemofilia A menggalami gangguan pada kode gen. Akibatnya mereka tidak dapat memproduksi protein yang disebut Faktor VII yang berguna bagi pembekuan darah. Penderita hemofilia biasanya mengalami pendarahan beberapa kali dalam setahun dan membutuhkan suntikan pembekuan sintetis secara rutin.

Dalam Nature Communications baru-baru ini, para peneliti memaparkan penelitian mereka yang melibatkan tiga anjing yang mengalami gangguan seperti hemofilia A pada manusia. Dua dari tiga anjing tersebut diberi obat eksperimental. Mereka menggunakan virus untuk membawa gen normal untuk Faktor VII ke dalam trombosit, sel darah yang mampu memperbaiki pembuluh darah rusak.

Hasil penelitian menunjukkan terapi penggantian gen pada sel sumsum tulang pasien dapat menyebabkan produktivitas, penyimpanan, dan pelepasan Faktor VIII dari trombosit langsung di lokasi pembuluh darah yang terluka untuk mencegah perdarahan yang tidak terkendali selama beberapa tahun setelah pengobatan," kata Ketua peneliti Dr. David Wilcox dari Wisconsin's Medical College, Milwauke.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

gatot nurmantyo
0 Suka, 0 Komentar, 30 Sep 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?