Tampang

Australia Merilis Kasus Pertama Flu Burung H5N1 pada Manusia

26 Mei 2024 19:54 wib. 366
0 0
Australia Merilis Kasus Pertama Flu Burung H5N1 pada Manusia
Sumber foto: google

Australia telah melaporkan kasus pertama flu burung pada manusia pada Rabu (22/5), yang menimbulkan keprihatinan di kalangan pihak berwenang kesehatan. Kasus ini terdeteksi pada seorang anak yang diyakini telah terinfeksi di India, tetapi telah pulih sepenuhnya setelah melalui pengobatan intensif.

Kepala Petugas Kesehatan Negara Bagian Victoria, Dokter Claire Looker, dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa ini merupakan kasus pertama flu burung yang sangat patogen pada manusia yang terkonfirmasi di Australia. Meskipun demikian, dokter Looker juga menyampaikan bahwa anak yang terinfeksi telah pulih sepenuhnya dan tidak lagi dalam kondisi sakit.

Kasus flu burung ini melibatkan virus H5N1, yang disebutkan bukanlah jenis virus yang sama dengan yang menyebabkan wabah di Amerika Serikat. Virus flu burung H5N1 telah menyebar ke seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir dan memiliki dampak yang merugikan terhadap populasi burung, baik yang dibudidayakan maupun liar. Selain itu, penyakit ini juga telah menyebar ke puluhan spesies mamalia lainnya, mengindikasikan potensi ancaman yang signifikan bagi ekosistem dan kesehatan manusia.

Selama ini, Australia dikenal sebagai satu-satunya benua yang masih bebas dari penyebaran flu burung. Namun, belakangan ini, pihak berwenang melaporkan bahwa telah terdeteksi jenis flu burung yang sangat patogen di sebuah peternakan telur di dekat Melbourne. Hal ini menjadikan Australia ikut terdampak oleh keseriusan wabah flu burung yang telah menjangkiti beberapa wilayah dunia.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Mencegah Jerawat Membekas
0 Suka, 0 Komentar, 26 Mar 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%