Tampang

550 Jemaah Haji Meninggal Dunia karena Kepanasan

20 Jun 2024 08:06 wib. 160
0 0
550 Jemaah Haji Meninggal Dunia karena Kepanasan
Sumber foto: google

Haji merupakan salah satu kewajiban umat Islam yang dijalankan setidaknya sekali seumur hidup bagi mereka yang mampu. Setiap tahunnya, jutaan umat Islam dari seluruh dunia berkumpul di Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji. Namun, tahun ini, tragedi menimpa ribuan jemaah haji yang harus merelakan nyawa mereka karena kepanasan yang melanda saat menjalankan ibadah di Mina.

Sedikitnya 550 jemaah haji dari beberapa negara telah meninggal selama pelaksanaan ibadah haji. Sebagian besar dari mereka meninggal akibat terpapar panas dan suhu ekstrem. Sejauh ini, dari 550 jemaah haji yang meninggal, terbanyak diantaranya yakni 323 jemaah adalah warga Mesir dan 60 jemaah dari Yordania. Sedangkan 138 jemaah haji dari Indonesia meninggal dunia akibat berbagai faktor, salah satunya karena tekanan panas.

Para jemaah haji yang meninggal dunia kebanyakan ditemukan di dalam tenda-tenda tempat mereka menginap di Mina. Keadaan panas yang luar biasa membuat suhu di dalam tenda naik drastis, mengakibatkan banyak jemaah haji yang lemah tidak mampu bertahan. Banyak dari mereka yang meninggal karena kelelahan dan dehidrasi akibat suhu yang mencapai 51,8 derajat Celcius.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Muslim Menolak Golput Saat Pilkada
0 Suka, 0 Komentar, 26 Jan 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.