Tampang

5 Kabar Global Terpopuler: Ekonomi China, Konflik Israel vs Iran

12 Okt 2024 18:55 wib. 50
0 0
5 Kabar Global Terpopuler: Ekonomi China, Konflik Israel vs Iran
Sumber foto: iStock

Pernyataan PBB ini menjadi sorotan karena isu humaniter yang semakin membesar di tengah konflik di Timur Tengah. Militer Israel dituduh melakukan sejumlah pelanggaran serius terhadap hukum internasional, termasuk melakukan pembunuhan, penyiksaan, dan penganiayaan terhadap tenaga medis sambil menargetkan fasilitas kesehatan di Gaza. 

Namun, pihak Israel tidak memberikan tanggapan atau kerjasama dalam penyelidikan yang dibuat oleh PBB terkait tuduhan ini. Pihak Israel sendiri membantah bahwa mereka menargetkan fasilitas atau staf medis, dengan alasan bahwa mereka menemukan ancaman yang cukup serius yang berasal dari lokasi-lokasi yang mereka sasar.

Laporan komisi tersebut juga menyoroti aksi penargetan fasilitas medis yang digunakan untuk perawatan anak-anak, yang telah menyebabkan penderitaan dan kerugian yang tak terhitung, terutama bagi perempuan dan anak-anak di wilayah tersebut.

Tindakan ini dinilai memiliki potensi dalam merusak kehidupan generasi anak-anak Palestina dan secara keseluruhan menyebabkan dampak kemanusiaan yang besar bagi rakyat Palestina.

Serangan Israel di Markas UNIFIL Lebanon Lukai Dua Prajurit TNI

Situasi tegang di Timur Tengah kembali memanas dengan adanya insiden di Lebanon yang melibatkan pasukan penjaga perdamaian PBB. Militer Israel mengakui bahwa pasukannya secara tidak sengaja melukai dua personel pasukan penjaga perdamaian PBB asal Indonesia dalam sebuah serangan di dekat markas pasukan penjaga perdamaian PBB, UNIFIL di Lebanon. Insiden ini terjadi setelah pihak militer Israel menembak menara pengawas di markas utama UNIFIL di Ras al-Naqoura.

Menlu Retno Marsudi mengutuk keras serangan yang menyebabkan kecelakaan ini, dengan menegaskan bahwa pemerintah Indonesia mengecam tindakan agresif yang dilakukan oleh pasukan IDF di Lebanon. Indonesia, sebagai negara yang anggota pasukan penjaga perdamaian PBB, menegaskan bahwa serangan terhadap pasukan perdamaian adalah perbuatan yang tidak dapat diterima.

Insiden ini hanya menambah ketegangan dan kompleksitas situasi konflik di Timur Tengah, serta menekankan perlunya upaya untuk mencari penyelesaian damai dalam menangani ketegangan antarnegara 

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Menulis Bukanlah Sekadar Hobi
0 Suka, 0 Komentar, 13 Mar 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.