Tampang

Kenapa Ketiak Bisa Ruam dan Gatal? Ini Penyebab Umum dan Cara Mengatasinya

22 Okt 2024 14:42 wib. 30
0 0
ketiak gatal
Sumber foto: Google

Cara Mengatasi Ruam dan Gatal di Ketiak

  1. Hindari Produk Iritan: Coba gunakan deodoran atau antiperspiran yang bebas pewangi dan hypoallergenic. Juga, pilih sabun atau deterjen yang lembut dan dirancang untuk kulit sensitif.

  2. Jaga Kebersihan: Pastikan untuk membersihkan ketiak secara teratur dengan sabun antibakteri yang lembut. Ini membantu mengurangi penumpukan bakteri atau jamur di area yang rentan berkeringat.

  3. Gunakan Pelembap: Aplikasikan pelembap tanpa pewangi setelah mencukur atau mencabut bulu ketiak untuk mengurangi iritasi dan mencegah bulu tumbuh ke dalam.

  4. Pakai Pakaian yang Longgar dan Bernapas: Pilih pakaian yang berbahan katun atau bahan alami lainnya, yang memungkinkan kulit bernapas dan mencegah gesekan berlebih pada kulit ketiak.

  5. Gunakan Krim Antijamur: Jika ruam disebabkan oleh infeksi jamur, krim antijamur yang dijual bebas di apotek bisa membantu mengatasi masalah ini.

  6. Krim Hidrokortison: Untuk ruam akibat dermatitis kontak atau iritasi ringan, gunakan krim yang mengandung hidrokortison untuk mengurangi peradangan dan rasa gatal.

  7. Konsultasi ke Dokter: Jika ruam dan gatal di ketiak tidak membaik setelah perawatan di rumah atau malah semakin parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Mungkin diperlukan pengobatan khusus seperti antibiotik atau obat antijamur yang lebih kuat.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.