Tampang

Berjalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

13 Apr 2024 16:49 wib. 71
0 0
Berjalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan
Sumber foto: Google

Selain membantu menurunkan berat badan, jalan kaki juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Aktivitas ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kekuatan otot, dan meningkatkan kesehatan mental. Berjalan kaki juga dapat menjadi alternatif yang mudah dan murah untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Untuk optimalisasi manfaatnya, berikut adalah beberapa tips untuk memulai atau meningkatkan kegiatan berjalan kaki:
1. Tingkatkan kecepatan berjalan.
Studi dalam Medicine & Science in Sports and Exercise menunjukkan penambahan kecepatan berjalan berbanding lurus dengan peningkatan pembakaran kalori.
2. Menambahkan beban pada tubuh.
Misalnya, menggunakan rompi berbobot. Langkah ini akan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori karena membutuhkan lebih banyak energi untuk bergerak. Kamu dapat menggunakan rompi dengan bobot yang mewakili 10 persen berat badan. Namun, hindari meletakkannya di pergelangan kaki, pergelangan tangan, atau membawanya dengan tangan karena dapat memicu cedera.
3. Berjalan menanjak.
Kemiringan dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori. Kamu bisa menaikkan gradien treadmill atau memilih jalanan berbukit untuk olahraga jalan.
4. Menambahkan latihan ketahanan.
5. Kombinasikan berjalan dengan latihan lain seperti jongkok, push-up, hingga burpee untuk membakar lebih banyak kalori..

Dengan konsistensi dan disiplin, berjalan kaki dapat menjadi kebiasaan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama dalam menurunkan berat badan. Jangan remehkan kekuatan dari langkah-langkah sederhana ini, karena manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka panjang. Jadi, jangan ragu untuk mulai menjadikan jalan kaki sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?