Tampang

7 Jenis Teh Herbal yang Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

13 Sep 2024 16:36 wib. 67
0 0
7 Jenis Teh Herbal yang Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi
Sumber foto: iStock

Kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang serius dan dapat berpotensi memicu berbagai penyakit seperti kardiovaskular dan stroke. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan langkah-langkah yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami. Selain dengan mengubah pola makan dan gaya hidup, konsumsi teh herbal juga dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol, serta mendukung kesehatan jantung. Berikut adalah tujuh jenis teh herbal yang terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi:

1. Teh Hijau

Teh hijau dikenal karena kandungan katekinnya yang merupakan sejenis antioksidan yang bermanfaat dalam mengelola kadar kolesterol. Antioksidan ini membantu mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan juga meningkatkan kolesterol HDL (baik), sehingga menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau secara teratur dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Untuk menikmati teh hijau, cukup seduh beberapa kantong teh hijau atau daunnya dalam air panas selama 3-5 menit dan minum 1-2 cangkir setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

2. Teh Hibiscus

Teh hibiscus yang terbuat dari kelopak bunga hibiscus atau kembang sepatu kering, juga dikenal efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Kandungan antosianin dan antioksidan lainnya di dalam teh ini membantu menjaga kesehatan jantung dan juga menurunkan tekanan darah. Teh hibiscus dapat diseduh dengan merendam kelopak atau kantong teh kering dalam air mendidih selama 5-7 menit dan diminum 1-2 kali sehari.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?