Tampang

8 Manfaat Tersembunyi Cuka Apel Bagi Kesehatan & Efek Sampingnya

16 Sep 2024 06:59 wib. 85
0 0
8 Manfaat Tersembunyi Cuka Apel Bagi Kesehatan & Efek Sampingnya
Sumber foto: iStock

Cuka sari apel atau Apple Cider Vinegar (ACV) sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memasak maupun perawatan tubuh. Namun, selain itu, banyak masyarakat juga mengonsumsi cuka apel dengan harapan untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari minuman yang satu ini.

Menurut Eat This Not That, cuka apel adalah salah satu jenis cuka yang berasal dari apel. Proses pembuatannya juga relatif sederhana, yakni dengan cara menghancurkan apel, memerasnya, dan kemudian memfermentasinya sebanyak dua kali. Cuka apel biasanya digunakan sebagai bahan dalam saus salad, bumbu rendaman, ditambahkan ke air atau minuman lain, atau diminum dengan takaran tertentu untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah kandungan nutrisi dalam cuka apel. Menurut Basis Data Nutrisi USDA, satu sendok makan cuka sari apel mengandung kalori sebanyak 3, tidak mengandung lemak (lemak jenuh), karbohidrat, dan protein.

Meskipun tidak banyak mikronutrien dalam cuka sari apel, senyawa aktif utamanya adalah asam asetat, yang berkontribusi terhadap banyak manfaat kesehatan cuka sari apel. Selain itu, cuka sari apel juga mengandung probiotik alami yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mikrobioma usus dan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel terkait usia.

Berikut ini adalah beberapa manfaat tersembunyi dari cuka apel bagi kesehatan:

1. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Gula darah tinggi dapat meningkatkan risiko terkena diabetes, yang dapat menyebabkan komplikasi serius pada tubuh. Konsumsi cuka apel telah dicatat memiliki efek positif pada kadar glukosa darah, terutama pada mereka yang memiliki gula darah tinggi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?