Tampang

Panglima TNI Ubah Penyebutan KKB Jadi OPM

12 Apr 2024 21:02 wib. 52
0 0
Panglima TNI Ubah Penyebutan KKB Jadi OPM
Sumber foto: Google

Jenderal Agus Subiyanto menegaskan tidak lagi menamakan kelompok bersenjata Papua merdeka sebagai KKB tapi kembali lagi disebut OPM, Karena dari mereka sendiri menamakan diri TPNPB, OPM sudah melakukan teror dan pembunuhan terhadap masyarakat serta anggota TNI/Polri dan memerkosa guru dan tenaga kerja kesehatan. TNI tidak akan diam!

Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, baru-baru ini membuat pernyataan yang mengejutkan terkait dengan kelompok bersenjata di Papua. Beliau menegaskan bahwa tidak lagi akan menggunakan istilah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) untuk menyebut kelompok separatis di Papua, melainkan kembali menggunakan istilah Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Keputusan ini diambil oleh Panglima TNI setelah melihat aksi kekerasan yang dilakukan oleh kelompok tersebut, yang kini lebih dikenal dengan TPNPB (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat). Dalam pernyataannya, Jenderal Agus Subiyanto menyebut bahwa OPM telah melakukan aksi teror dan pembunuhan terhadap masyarakat, anggota TNI/Polri, serta bahkan melakukan pelecehan seksual terhadap guru dan tenaga kerja di wilayah Papua.

Pernyataan Panglima TNI ini tentu saja menuai beragam reaksi. Ada yang setuju dengan langkah tersebut, namun juga ada yang menilai bahwa perubahan istilah semata-mata hanya akan mengurangi ekspos terhadap kelompok separatis di Papua. Beberapa pihak mungkin khawatir bahwa dengan menyebut kelompok tersebut sebagai OPM, upaya untuk menghadapi ancaman keamanan di Papua menjadi kurang terfokus.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Mobile Legends dan Hero Push Tower
0 Suka, 0 Komentar, 24 Nov 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?