Tampang

5 Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Konsumsi Daun Kelor

25 Apr 2024 09:47 wib. 111
0 0
Ilustrasi daun kelor, pohon kelor.
Sumber foto: SHUTTERSTOCK/ASSIDUOUSNESS

Daun kelor mengandung quercetin, sejenis antioksidan yang terbukti membantu menurunkan tekanan darah. Menurut ahli gizi di Rumah Sakit Rujukan Columbia Asia, Yeshwanthpur Pavithra N Raj, asam klorogenat yang terdapat dalam daun kelor juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Kedua zat ini berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Selain itu, asam klorogenat membantu tubuh dalam memproses gula dengan lebih baik dan mempengaruhi insulin. Dengan demikian, konsumsi daun kelor secara teratur dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mencegah risiko tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

2. Menangani Hiperkolesterolemia

Hiperkolesterolemia adalah kondisi berbahaya yang ditandai dengan tingginya kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) dalam darah. Ekstrak daun kelor terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat pada pasien hiperlipidemia. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak daun kelor dapat meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL) serum dan menurunkan kadar LDL pada pasien hiperlipidemia. Hal ini membuktikan bahwa daun kelor memiliki potensi dalam pencegahan masalah kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?