Tampang

5 Tanda-tanda Kamu Mengalami Toxic Productivity

17 Mar 2024 04:11 wib. 106
0 0
5 Tanda-tanda Kamu Mengalami Toxic Productivity

Apakah kamu merasa terus menerus tertekan untuk bekerja dan tidak pernah merasa cukup produktif? Mungkin kamu tengah mengalami kondisi yang disebut dengan Toxic Productivity . Toxic Productivity adalah kondisi dimana seseorang terlalu fokus pada produktivitas pada tingkat yang tidak sehat, sehingga mempengaruhi kesejahteraan mental dan fisik mereka. Berikut adalah 5 tanda bahwa kamu mungkin tengah mengalami Toxic Productivity.

1. Memiliki Obsesi terhadap Produktivitas

Jika kamu merasa bahwa tidak ada waktu untuk bersantai dan selalu memaksakan diri untuk terus produktif, itu adalah salah satu tanda kamu mengalami Toxic Productivity. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Business Review menemukan bahwa 71% pekerja mengalami stres akibat tekanan untuk menunjukkan produktivitas yang tinggi.

2. Menyakiti Kesehatan Fisik dan Mental

Seorang workaholic cenderung mengorbankan kesehatan fisik dan mentalnya. Mengutip dari American Institute of Stress, 83% pekerja merasa stres di tempat kerja. Stres ini dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti insomnia, penyakit jantung, kecemasan, dan depresi.

3. Mengabaikan Self-Care

Toxic Productivity seringkali membuat seseorang mengabaikan kebutuhan self-care mereka. Mereka mungkin merasa bersalah ketika beristirahat atau berhenti sejenak dari pekerjaan. Selain itu, Self-Care seperti olahraga dan me time juga sering terlupakan. Menurut data dari World Health Organization, kekurangan Self-Care dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental sebesar 25%.

4. Kesulitan Menetapkan Batasan

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Jualan untung
0 Suka, 0 Komentar, 18 Apr 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?