Tampang

Peneliti China Temukan Hubungan Antara Kesejahteraan Mental, Gaya Hidup, dan Penuaan Sehat

21 Jun 2024 18:07 wib. 170
0 0
Peneliti China Temukan Hubungan Antara Kesejahteraan Mental, Gaya Hidup, dan Penuaan Sehat
Sumber foto: iStock

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti China menemukan bahwa kesejahteraan mental memainkan peran penting dalam mempengaruhi kesehatan manusia seiring bertambahnya usia. Studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Human Behavior mengungkap bahwa aspek kesejahteraan mental, seperti keterlibatan emosional, psikologis, dan sosial, memiliki korelasi signifikan dengan perilaku gaya hidup dan morbiditas pada penuaan yang sehat. Menariknya, dalam penelitian ini juga diungkapkan bahwa konsumsi keju dan buah-buahan memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan mental dan membantu tubuh menua dengan lebih baik.

Menurut salah satu penulis studi, yang dikutip dari Newsweek, Kamis (20/6/2024), "Kesejahteraan mental yang mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial, memiliki hubungan erat dengan berbagai perilaku gaya hidup dan morbiditas yang penuaan sehat." Hal ini membuka wawasan baru terkait pentingnya faktor non-fisik dalam menjaga kesehatan saat memasuki usia lanjut.

Studi ini dipimpin oleh Wei-Qing Wang dari Shanghai Jiao Tong University School of Medicine, yang menganalisis data dari 800 ribu hingga 2,3 juta orang untuk meneliti hubungan antara kesejahteraan mental dan penuaan yang sehat. Mengingat bahwa faktor kekayaan dan kemiskinan tidak dilibatkan dalam penelitian ini, hasilnya menarik karena memberikan gambaran lebih luas mengenai pengaruh kesejahteraan mental terhadap kesehatan umum seseorang saat menua.

Berdasarkan temuan dari penelitian tersebut, para ahli menyimpulkan bahwa individu dengan kesehatan mental yang lebih baik cenderung memiliki peningkatan daya tahan tubuh, tingkat kesehatan yang lebih tinggi, dan umur yang lebih panjang, yang semuanya berkontribusi pada penuaan yang lebih sehat. Hal ini menegaskan bahwa kesejahteraan mental memiliki peran yang signifikan dalam menentukan kualitas hidup seseorang saat memasuki usia lanjut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.