Tampang

Rupiah Terus Melemah: Dampak dan Strategi Mengatasinya

19 Apr 2024 08:38 wib. 79
0 0
Uang Rupiah dan Uang Dolar
Sumber foto: pinterest.com

Menaikkan Suku Bunga Acuan BI-Rate?

Muncul opsi untuk menaikkan suku bunga acuan atau BI-rate dalam upaya menahan laju pelemahan rupiah agar tidak semakin dalam. Namun, ekonom sekaligus mantan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menilai keputusan untuk menaikkan BI-rate bukan langkah yang tepat mengingat penguatan dolar AS terjadi terhadap hampir semua mata uang negara lainnya.

Faisal, ekonom dari PermataBank, memandang bahwa langkah untuk menaikkan suku bunga acuan akan menjadi opsi terakhir bagi BI untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. BI memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan di level 6 persen pada Maret lalu. BI, sebagai bank sentral yang mengatur kebijakan moneter di Indonesia, memiliki langkah andalan untuk menahan laju pelemahan rupiah, salah satunya dengan melakukan intervensi rangkap tiga atau triple intervention.

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (DPM) BI, Edi Susianto, menyatakan bahwa BI menjaga keseimbangan pasokan dan permintaan valuta asing di pasar melalui triple intervention yang terutama dilakukan di spot dan domestic non-deliverable forward (DNDF). BI juga meningkatkan daya tarik aset rupiah untuk mendorong aliran modal asing seperti lewat Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) dan hedging cost. Untuk menahan pelemahan rupiah lebih lanjut, BI masih memiliki amunisi yang cukup kuat didukung oleh cadangan devisa yang masih tinggi sebesar 140,4 miliar dolar AS pada akhir Maret 2024.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Makanan Penghambat Proses Penuaan
0 Suka, 0 Komentar, 12 Apr 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?