Tampang

Rupiah Terus Melemah: Dampak dan Strategi Mengatasinya

19 Apr 2024 08:38 wib. 76
0 0
Uang Rupiah dan Uang Dolar
Sumber foto: pinterest.com

Dampak Pelemahan Rupiah

Pelemahan rupiah akan memberikan dampak langsung pada sektor-sektor yang banyak melakukan impor untuk memenuhi kebutuhan input produksi, seperti industri makanan dan minuman, farmasi, dan kimia. Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) pun berharap Bank Indonesia (BI) bisa segera melakukan intervensi untuk memulihkan nilai tukar rupiah agar dampaknya tidak terlalu berat bagi sektor tersebut.

Sementara dari pihak perbankan, fluktuasi nilai tukar yang moderat tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap bisnis perbankan. Bank-bank dengan portofolio bisnis luar negeri dalam porsi besar, terutama terkait kegiatan treasury, trade financing, dan international banking yang erat dengan valuta asing, dapat merasakan dampak dari pelemahan rupiah. Namun, eksposur neto untuk valuta asing di perbankan masih tergolong kecil dengan rasio posisi devisa neto (PDN) sebesar 1,44 persen di akhir tahun 2023.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Abdul Manap Pulungan, menilai bahwa penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) valuta asing terhadap total DPK di industri perbankan saat ini masih relatif rendah, begitu pula dari sisi penyaluran kredit dalam valuta asing. Industri perbankan tidak terkena dampak signifikan atas pelemahan rupiah yang terjadi belakangan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?