Tampang

Manfaat dan Keuntungan Memiliki Sertifikasi POP Pertambangan

24 Feb 2023 14:21 wib. 1.167
0 0
Manfaat dan Keuntungan Memiliki Sertifikasi POP Pertambangan

POP atau Pengawas Operasional Pertama pertambangan merupakan salah satu peran sangat penting dalam operasi pertambangan. Inilah yang menjadikan pengawas POP semakin banyak dibutuhkan. Lantas, bagaimana cara mengikuti pelatihan POP pertambangan ? Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa sektor pertambangan memberikan kontribusi dan memiliki peran penting bagi perekonomian dan pembangunan nasional. Di sisi lain, sektor pertambangan memerlukan modal investasi yang besar, baik untuk keperluan izin, penggunaan teknologi, dan sumber daya manusianya.

Mengingat sektor pertambangan memiliki tingkat risiko kecelakaan yang tinggi, maka diperlukan adanya sumber daya manusia yang berkompeten. Tidak hanya menguasai ilmu dalam hal minerba, melainkan juga bagaimana dalam pelaksanaan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Untuk itu, sumber daya manusia yang bekerja di sektor pertambangan harus terus dilatih, teraudit, dan tersertifikasi secara berkala. Pengawas Operasional Pertama (POP) pertambangan memiliki tugas penting, salah satunya adalah untuk membawahi langsung para tenaga kerja bagian pelaksana. Nah, karena mengemban tugas dan tanggung jawab besar inilah maka dibutuhkan seorang yang kompeten dan tersertifikasi, yang tentunya bukan hanya ahli dalam K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). 

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa maksud dan tujuan dalam mengikuti program training POP pertambangan? Ada beberapa tujuan dan manfaat mengikuti pelatihan ini, salah satunya adalah untuk mendapat sertifikasi POP Tambang atau kompetensi kerja dari lembaga resmi yang diakui oleh perundang-undangan. Misalnya saja, BNSP atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2016 tentang Penetapan dan Pemberlakuan Standar Kompetensi Kerja Khusus Pengawas Operasional di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara. Peraturan tersebut menjadi acuan bagi pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja serta pembinaan dan pengawasan terhadap penerapan SKKK Pengawas Operasional.

Lebih lanjut lagi, untuk dapat diangkat sebagai pengawas operasional tingkat pertama di sektor/bidang profesi pertambangan, seseorang harus memiliki sertifikat kompetensi yang diperoleh melalui uji kompetensi. Jadi, sertifikasi kompetensi POP pertambangan menjadi syarat penting dalam keberlanjutan usaha/bisnis pertambangan. Selain itu, adanya sertifikasi tersebut tentunya dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap usaha pertambangan yang dijalankan, serta persyaratan dalam audit tertentu. Itulah beberapa tujuan diselenggarakannya pelatihan dan sertifikasi POP pertambangan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ayam Kremes
0 Suka, 0 Komentar, 5 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?