Tampang

Indonesia Berpotensi Mengalami Krisis Kelaparan, 45 Juta Warga Terimbas

26 Jun 2024 15:55 wib. 140
0 0
Indonesia Berpotensi Mengalami Krisis Kelaparan, 45 Juta Warga Terimbas
Sumber foto: google

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, mengungkapkan kekhawatirannya terhadap potensi krisis kelaparan di Indonesia jika produksi pangan dalam negeri tidak meningkat. Potensi krisis kelaparan tersebut diperkirakan dapat berdampak pada 7-16 persen dari total populasi Indonesia yang mencapai 281.603.800 jiwa, atau sekitar 19 hingga 45 juta orang.

Menurut Amran, ada 59 negara di dunia yang berpotensi mengalami kelaparan, sementara 10 negara lainnya sudah mengalami kondisi kelaparan. Hal ini menjadi perhatian serius karena menyangkut keselamatan pangan penduduk dunia. Pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Nasional Tahun 2024, ia mengungkapkan bahwa saat ini terdapat sekitar 970 juta orang yang mengalami kelaparan di beberapa negara, seperti Kongo, Nigeria, Sudan, Afganistan, dan negara-negara lainya.

Amran juga menyatakan bahwa, kondisi kelaparan saat ini menempatkan Indonesia dalam kategori rawan dan rentan terhadap krisis kelaparan dengan persentase sebesar 7-16 persen. Untuk mengantisipasi hal ini, Amran menekankan pentingnya peningkatan produksi pangan dalam negeri, terutama beras, dalam kurun waktu tiga bulan ke depan. Kementerian Pertanian telah menyiapkan tiga program unggulan, yaitu program pompanisasi sawah, optimalisasi lahan pertanian, dan program padi gogo.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Emha Ainun Nadjib: Saya Anti Demokrasi
0 Suka, 0 Komentar, 6 Mei 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.