Tampang

Pengembalian Pangan Kamboja Yang Hilang Pada Masa Rezim Khmer Merah

22 Mar 2024 04:50 wib. 136
0 0
Pengembalian Pangan Kamboja Yang Hilang Pada Masa Rezim Khmer Merah
Sumber foto: Google

Chef Nak menyadari bahwa tanpa tindakan, banyak resep akan punah dalam satu generasi. “Saya menyadari bahwa di Kamboja, khususnya dalam hal makanan, ini sepenuhnya merupakan tradisi lisan,” katanya. “Dan jika generasi muda Kamboja tidak melakukan hal ini, maka hal ini juga akan terjadi pada mereka.” Hal inilah yang mendorongnya untuk memfilmkan para tetua desa yang membuat masakan seperti sup hmok , versi lebih pekat dari ikan amuk yang lebih umum , yaitu ikan lele air tawar lokal yang direbus dalam kreung (pasta serai) dan krim kelapa dengan potongan daun mengkudu.

Dr Ang Chouan, seorang antropolog veteran Kamboja, telah mengamati perubahan lanskap makanan secara bertahap selama beberapa dekade terakhir. “Saat saya masih muda, tidak ada restoran Khmer di Kamboja. Sebagian besar perdagangan berada di tangan orang Tionghoa, dan khususnya Sino-Khmers (orang Tionghoa Kamboja),” katanya. Restoran-restoran dan hotel-hotel Khmer yang dijalankan semata-mata oleh warga Kamboja jarang ditemui hingga tahun 1990-an, dan baru-baru ini ia melihat restoran-restoran yang menyajikan "makanan Khmer sesuai dengan namanya, dengan fokus khusus pada masakan Khmer yang halus."

Dua dari restoran ini dipimpin oleh Kimsan Pol , seorang koki wanita inovatif lainnya yang berperan penting dalam mengubah cara pandang makanan Khmer. Seperti Nak, Pol berkeliling Kamboja untuk menemukan kembali masakan Khmer dan resep otentik. Dua restorannya, Embassy Restaurant di Siem Reap dan Sombok di Phnom Penh menyajikan hidangan yang sangat modern namun memiliki akar tradisional Khmer dengan sentuhan masakan desa. Kedua restoran tersebut dikelola dan dijalankan sepenuhnya oleh wanita.

Pol menjelaskan bahwa secara tradisional, perempuan Kamboja adalah ibu rumah tangga. Dia ingin mendorong perempuan untuk bekerja di bidang perhotelan dan katering untuk meningkatkan otonomi mereka, tetapi juga untuk menciptakan tempat makan yang lebih dari sekedar restoran. “Kami ingin rasanya seperti menyambut teman kami di rumah kami,” katanya. 

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tren Hijab Segi Empat
0 Suka, 0 Komentar, 30 Agu 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?