Tampang

Okapi: Kerabat Jerapah yang Hidup di Hutan Kongo

4 Jun 2024 09:39 wib. 55
0 0
okapi
Sumber foto: Pinterest

Okapi, atau disebut juga kuda hutan, adalah spesies mamalia herbivora yang ditemukan di hutan hujan Kongo. Meskipun memiliki warna bulu yang mirip dengan kuda, Okapi sebenarnya lebih dekat secara genetik dengan jerapah. Hewan ini ditemukan pertama kali pada tahun 1901, dan sejak itu, Okapi telah menjadi simbol keunikan hutan Kongo.

Okapi merupakan hewan yang sangat jarang ditemui di alam liar. Mereka tinggal di hutan hujan Kongo, terutama di wilayah timur Republik Demokratik Kongo. Habitat alami Okapi terletak di hutan hujan dataran rendah, dimana mereka memilih tinggal di daerah yang lembab dan lebat dengan vegetasi. Secara umum, Okapi bersifat pemalu dan cenderung menjaga jarak dengan manusia, sehingga sulit untuk ditemui bahkan oleh para ahli satwa liar.

Salah satu ciri yang paling mencolok dari Okapi adalah pola warna bulunya yang unik. Warna coklat keunguan dengan belang putih pada paha dan pinggulnya membuatnya sulit terlihat di antara pepohonan hutan. Pola ini membantu Okapi untuk bersifat kamuflase dan terlindungi dari ancaman predator.

Okapi memiliki lidah yang panjang, mirip dengan jerapah, yang memungkinkan mereka mencapai daun-daun tinggi di pepohonan. Mereka memakan dedaunan, tunas-tunas, dan buah-buahan hutan, sehingga Okapi memegang peran penting dalam ekologi hutan hujan Kongo.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%