Tampang

Mengejutkan! Ternyata Asal Usul Kata Lebaran Dari Sini...

11 Apr 2024 22:34 wib. 70
0 0
Mengejutkan! Ternyata Asal Usul Kata Lebaran Dari Sini...
Sumber foto: istock

Menjelang akhir masa puasa setiap Muslim bakal menyambut lebaran tepat di 1 Syawal. Lalu, tahukah Anda bagaimana asal-usul kata lebaran? Kata 'lebaran' sudah dipakai sebagai tanda 1 Syawal sejak ratusan tahun lalu. Sumber-sumber sejarah masa kolonial berulangkali menuliskan kata 'lebaran' untuk merujuk pada perayaan akhir masa puasa di Indonesia.

Soal asal-usul kata lebaran, ada berbagai versi yang menyertainya dan pastinya bukan berasal dari hadist atau Al-Quran. Salah satu versi paling dikenal menyebut lebaran berasal dari bahasa Jawa yang berarti tuntas atau selesai. Arti tersebut biasanya selaras dengan kebiasaan orang Hindu setelah melakukan Upawasa.

Menurut pakar linguistik Endang Aminudin Aziz, upawasa merupakan tradisi Hindu berupa menahan lapar dan haus. Setelah melakukan upawasa, masyarakat Hindu melakukan perayaan yang melambangkan berakhirnya tugas atau niat dalam menjalankan tradisi tersebut. Proses setelahnya ini yang disebut lebaran.

Dalam perancangan bahasa Indonesia, kata upawasa kemudian menjadi kata puasa. Begitu juga Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mengartikan lebaran sebagai "hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan."

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Merasa Gagal? Baca Kisah Tokoh Ini
0 Suka, 0 Komentar, 30 Agu 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?