Tampang

Bara Suwen: Keajaiban Tradisi Mistis Maluku

30 Jun 2024 21:45 wib. 37
0 0
Bara Suwen: Keajaiban Tradisi Mistis Maluku
Sumber foto: Bara suwen

Bambu yang digunakan dipilih khusus oleh dukun. Bambu yang dipilih menjalani beberapa proses khusus (mantra) dengan memberkati roh yang diyakini mendiami hutan bambu. Setelah itu, bambu dipotong sesuai adat tradisional dan dibersihkan (dibasuh) dengan minyak kelapa oleh dukun.

Selama pertunjukan, dukun tidak hanya menyanyikan mantra tetapi juga memainkan alat musik tradisional Maluku, salah satunya adalah Tifa. Seiring dengan irama musik yang semakin cepat, bambu yang dipegang menjadi semakin berat, diyakini karena kekuatan mistis di dalamnya. Tradisi unik ini menarik perhatian wisatawan lokal maupun internasional yang mengunjungi Provinsi Maluku.

Bagi masyarakat Maluku, khususnya Maluku Tengah, pertunjukan Bambu Gila telah dilestarikan selama generasi. Atraksi ini telah menjadi aset dan kekayaan budaya masyarakat Maluku, dengan karakteristik unik yang tidak ditemukan di daerah lain di Indonesia atau bahkan di dunia. Oleh karena itu, tradisi ini perlu dilestarikan dan tidak hilang oleh kemajuan zaman.

Tradisi Bara Suwen atau Bambu Gila adalah warisan budaya yang sangat berharga bagi masyarakat Maluku. Atraksi ini memainkan peran penting dalam mempertahankan identitas dan kearifan lokal. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana tradisi ini telah menjadi daya tarik wisata yang unik di Indonesia. Keberadaan budaya dan tradisi-tradisi seperti Bara Suwen perlu terus dijaga dan dikembangkan agar dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%