Tampang

Ahli Geologi UGM Berpendapat Bahwa Selat Muria di Jawa Tengah Tidak Bisa Muncul Lagi

22 Mar 2024 11:31 wib. 140
0 0
Ahli Geologi UGM Berpendapat Bahwa Selat Muria di Jawa Tengah Tidak Bisa Muncul Lagi
Sumber foto: Google

Tak hanya itu, peran erosi pantai juga menjadi faktor penting yang berdampak pada kehilangan daratan di Selat Muria. Erosi ini disebabkan oleh dinamika arus laut dan pengaruh gelombang yang terjadi secara terus-menerus. Lapisan tanah yang tertutup oleh jalur pantai pun mudah terkikis oleh erosi, menyebabkan penurunan ketinggian wilayah serta kehilangan daratan.

Sementara itu, perubahan lapisan tanah juga turut serta dalam mempengaruhi perubahan wilayah Selat Muria. Adanya sedimentasi dan pengendapan material tanah akibat arus dan gelombang laut menjadi faktor yang ikut menyumbang dalam perubahan morfologi wilayah. 

Dari hasil penelitian tersebut, tim ahli geologi UGM menegaskan bahwa kemungkinan wilayah Selat Muria tidak bisa muncul lagi merupakan konklusi yang kuat. Proses alamiah yang terjadi di wilayah ini memiliki dampak yang cukup signifikan dan sudah tidak dapat dihindari lagi. Oleh karena itu, pemahaman akan faktor-faktor geologi yang berperan penting dalam perubahan wilayah seperti ini menjadi kunci utama untuk menanggulangi dampak yang mungkin timbul di masa depan.

Dengan demikian, peran ahli geologi dalam memahami perubahan wilayah geologi di Jawa Tengah menjadi sangat penting. Penelitian yang dilakukan oleh tim ahli geologi UGM menjadi salah satu sumbangan penting dalam mendalami fenomena alam yang terjadi di wilayah tersebut. Diharapkan pemahaman yang mendalam akan geologi regional ini dapat membantu mengurangi risiko yang mungkin timbul akibat perubahan wilayah geologi, serta memberikan wawasan yang lebih baik terhadap dinamika geologi di wilayah Jawa Tengah.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?