Tampang

India Terapkan UU Kewarganegaraan Baru, Warga Muslim Terancam Terpinggirkan

18 Mar 2024 04:36 wib. 133
0 0
India Terapkan UU Kewarganegaraan Baru, Warga Muslim Terancam Terpinggirkan
Sumber foto: google

India telah mengalami perubahan besar-besaran dalam kebijakan kewarganegaraannya dengan pengesahan Undang-Undang Kewarganegaraan (Amendment) Bill pada Desember 2019 lalu. Meskipun disambut dengan sukacita oleh sebagian besar pendukung pemerintah, UU tersebut menimbulkan kekhawatiran serius di kalangan warga Muslim India.

UU Kewarganegaraan yang baru memberikan aksesibilitas kewarganegaraan kepada sejumlah besar imigran non-Muslim dari negara-negara tetangga India. Sebaliknya, kaum Muslim dikecualikan dari manfaat yang sama, dan ini mengundang kontroversi di seluruh negeri. Keputusan ini tidak hanya menuai perlawanan dalam negeri, tetapi juga mendapat sorotan dari komunitas internasional.

Warga Muslim India secara khusus menjadi target kekhawatiran dan ketidakpercayaan. Mereka sekarang berada dalam situasi di mana ancaman terpedayaan dalam hak kewarganegaraannya mengancam keberadaan mereka di negeri sendiri. Perasaan cemas dan khawatir tentang masa depan mereka merajalela di seluruh negeri.

Sejak diberlakukannya UU Kewarganegaraan yang baru, warga Muslim India merasa terpinggirkan dan dianggap sebagai warga kelas dua. Kebijakan ini juga menimbulkan ketidaktenteraman di antara masyarakat India, mengancam kerukunan sosial yang telah terbina selama berabad-abad.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Sayang Usus? Yuk Makan Brokoli
0 Suka, 0 Komentar, 17 Okt 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?