Tampang

Balong Ukuran 3x6 Meter di Cirebon ini Diyakini Berkhasiat Sembuhkan Banyak Penyakit

27 Des 2017 14:43 wib. 3.108
0 0
Balong Ukuran 3x6 Meter di Cirebon ini Diyakini Berkhasiat Sembuhkan Banyak Penyakit

 Menurut sejarahnya yang diceritakan oleh juru kunci Situs Balong Tuk, Raden Suparja, pada zaman sekitar abad ke-15, Cirebon dilanda kekeringan dan raja pertama di keraton Kasepuhan Cirebon yaitu Mbah Kuwu Cirebon bertapa diatas Kayu tersebut kemudian ditinggal oleh Mbah Kuwu Cirebon. "Kayu itu usianya sudah ratusan tahun, Pangeran Mancur Jaya saat itu diutus untuk mencari sumber mata air", jelas Suparja.

Pangeran Mancur Jaya tak hanya mencari sumber mata air, tapi juga mengembangkan ajaran islam sampai ke pelosok-pelosok Cirebon. Ketika itu Pangeran Mancur Jaya sampai di Desa Tuk tempat bertapanya Mbah Kuwu Cirebon yang dikenal juga dengan Pangeran Cakrabuana.

"Saat itu Pangeran Mancur Jaya hendak sholat duha namun kesulitan mendapatkan air, beliau kemudian berdoa mohon petunjuk allah, dan tiba-tiba dari kayu tempat Pangeran Cakrabuana bertapa tadi keluar rembesan air", tambah Suparja.

Diceritakan kembali oleh Suparja, Pangeran Mancur Jaya seperti mendapatkan bisikan untuk memegang kayu tersebut dan ditancapkan ke tanah sambil diketuk-ketukkan ke tanah. Tuk Tuk.. tiba-tiba keluarlah air yang banyak dan sampai sekarang menjadi Balong Tuk", lanjut Suparja.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?