Tutup Iklan
hijab
  
login Register
Stress Ternyata Baik, Asalkan ...

Stress Ternyata Baik, Asalkan ...

10 November 2017 | Dibaca : 590x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa stress berdampak buruk bagi kesehatan kita. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa stress dalam intensitas ringan justru baik untuk kesehatan.

Dikutip dari laman Zeenews, stress ringan ternyata baik untuk sel. Hal ini karena dengan stress ringan, dapat meningkatkan ketahanan dan melindungi sel-sel yang menua serta menunda risiko penyakit.

Temuan ini akan membantu peneliti memahami mekanisme molekuler yang mendorong penuaan dan berisiko terhadap penyakit degeneratif terkait usia.

"Temuan kami menawarkan strategi untuk melihat penuaan pada manusia dan bagaimana kita mencegah atau menstabilkan penurunan sel seiring bertambahnya usia," kata Richard I Morimoto, Profesor di Universitas Northwestern yang dikutip Zeenews, Kamis (9/11/2017).

"Tujuan kami tidak mencoba menemukan cara untuk membuat orang hidup lebih lama, tapi lebih meningkatkan kesehatan pada tingkat seluler dan molekuler, sehingga rentang kesehatan seseorang sesuai dengan umur mereka," tambahnya.

Untuk mendapatkan kesimpulan hasil yang dipublikasikan di Cell Report ini, tim peneliti menyaring cacing gelang transparan C, elegans, sekira 22.000 gen. Para periset menemukan, sinyal dari mitokondria yang mengalami stres ringan sumber energi seluler-mencegah kegagalan mesin kontrol kualitas protein yang hadir seiring bertambahnya usia.

Hal ini pada gilirannya, menekan akumulasi protein yang rusak, di mana dapat terjadi pada penyakit degeneratif, seperti Alzheimer, Huntington, Parkinson dan amyotrophic lateral sclerosis (ALS).

"Orang-orang selalu tahu bahwa stres berkepanjangan dapat merusak, namun kami menemukan bahwa ketika hanya menekan mitokondria, sinyal stres sebenarnya ditafsirkan oleh sel dan hewan sebagai strategi bertahan," jelas Morimoto.

"Itu membuat hewan benar-benar tahan stres dan menggandakan umur mereka. Ini seperti sihir," tambahnya.

C elegans memiliki lingkungan biokimia dan sifat seluler yang serupa dengan manusia. Temuan dalam cacing gelembung transparan mungkin berimplikasi pada manusia dan kualitas hidup.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

"Polisi dan TNI, kalau tidak diizinkan Pak Jokowi, serahkan senjata pada kami, dan bergabung ke Myanmar"
16 September 2017, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com- Kasus etnis Rohingya Myanmar, semakin saja mencekam karena pemerintah Myanmar sendiri tidak mau bekerjasama dalam masalah etnis Rohingya, bahkan ...
5 Gol Hasil Inter Milan Kontra Juventus, 2 Gol Bunuh Diri
29 April 2018, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Laga Serie A Italia, mempertemukan tim-tim kelas atas Inter Milan yang menjamu tamunya Juventus di Stadion Giuseppe Meazza, Sabtu (28/04) waktu ...
dian pelangi
12 April 2018, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Puisi Ibu Indonesia karya Sukmawati Soekarno Putri yang menyebutkan Ibu Indonesia tidak tau syariat islam, konde lebih baik dari cadar dan ...
Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Anda Jika Minum Madu Setiap Hari
19 Oktober 2017, by Rindang Riyanti
Madu adalah antioksidan yang sangat baik, dengan mengkonsumsinya secara rutin akan membersihkan tubuh Anda dari berbagai toksin. Selain itu, sifat ...
asep sujana
19 April 2017, by Tonton Taufik
Oleh: Drs. Asep Sujana, MM Dalam kapasitas sebagai seorang Guru, kita menyadari bahwa kemampuan dan tingkat kecerdasan siswa berbeda satu dengan ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
hijab