Tampang

Refly Harun: Kalau PKS Tidak Mencalonkan Anies, PKS Akan Kehilangan Dukungan Pemilih di Pemilu 2029

11 Agu 2024 19:46 wib. 499
0 0
Refly Harun: Kalau PKS Tidak Mencalonkan Anies, PKS Akan Kehilangan Dukungan Pemilih di Pemilu 2029

Ahli hukum tata negara Refly Harun menyoroti keputusan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang membatalkan dukungannya kepada Anies Baswedan untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Dalam siniarnya yang ditayangkan pada Sabtu (10/8/2024), PKS belakangan terkesan mencari-cari pembenaran untuk akhirnya tidak mendukung Anies.

Menurut Refly, jika PKS meninggalkan Anies, lama-lama partai itu akan kehilangan dukungan dari para pemilih. Refly pun mengakui bahwa ia juga tidak akan memilih partai lain setelah PKS meninggalkan Anies. Namun, ia akan menunggu posisi terakhir PKS hingga tenggat pendaftaran pasangan cagub-cawagub ke KPUD DKI Jakarta pada akhir Agustus ini.

Menurut Refly, ini menunjukkan bahwa keputusan politik partai akan berdampak langsung pada perilaku pemilih. "Kalau mencari pembenaran enak bener kita ya kan, kalau sekadar mencari pembenaran. Tapi ya kalau PKS mau begitu ya terserah dia lah, orang partai, partai dia, kita kan cuma pemilih. Yang bisa dilakukan oleh pemilih adalah tidak memilihnya lagi, selesai," kata Refly.

"Keputusan partai politik akan membentuk persepsi pemilih terhadap partai itu sendiri. Jika partai tersebut terus berubah sikap dan pendirian, pemilih juga akan kehilangan kepercayaan pada partai tersebut," tambahnya.

Ditambahkannya bahwa ketika sebuah partai terus berubah-ubah sikapnya, pemilih akan merasa bingung atau kesal, dan akhirnya memutuskan untuk tidak mendukung partai tersebut lagi. "Dalam rentang waktu yang panjang, PKS akan tergoda untuk berubah lagi, namun ini akan berdampak pada keputusan pemilih dan akan mempengaruhi berjalannya politik," ujar Refly.

<123>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?