Tampang

Tips Menghindari Hoax dan Menjadi Warganet yang Bijak

6 Mar 2018 19:17 wib. 1.753
0 0
Tips Menghindari Hoax dan Menjadi Warganet yang Bijak

Berikut tips menghindari hoax dan menjadi warganet yang bijak.

  • Cek Narasumber

Yang langkah pertama dan paling penting adalah cek sumber beritanya. Jika kamu mendapat berita tersebut dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Line atau Whatsapp cobalah untuk mencari sumber beritanya. ika tidak ada di internet berita dengan topik demikian, sudah bisa dikatakan berita itu adalah Hoax. Terkadang berita Hoax hanya memiliki keterangan “dari grup sebelah” tanpa menyebutkan sumbernya. Alangkah baiknya jika membaca berita dan sebelum disebarkan, pastikan sumbernya terpercaya.

  • Antisipasi Judul Berita yang Provokatif

Jadi warganet yang bijak dan cerdas dengan jangan mudah percaya pada judul yang ditulis. Judul yang tidak biasa seringkali membuat orang menjadi terprovokasi dan itu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ataupun komentar pada berita guna menaikkan rating website mereka. Cara mengatasinya adalah bandingkan berita yang sama dengan beberapa sumber lain yang terpercaya.

  • Baca Secara Menyeluruh

Jangan mudah dipengaruhi oleh headline berita. Bacalah seluruh isi artikelnya. Jika ada yang janggal menurutmu, maka telusurilah informasi tersebut dengan mencari kebenaranya di sumber-sumber yang lain.

  • Jangan Terlalu Percaya pada Foto dan Video yang Kamu Lihat

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?